Shampoo mobil Wetlook


      I.            PENDAHULUAN
Latar Belakang
Shampoo merupakan “sediaan dari surfaktan” (bahan aktif permukaan) dalam bentuk yang sesuai-cair,padat, atau serbuk, dimana jika digunakan di bawah kondisi khusus dapat menghilangkan lemak, kotoran
Shampoo mobil adalah shampoo yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan mobil maupun kendaraan- kendaraaan lain. Shampoo mobil biasanya berbentuk cairan kental karena bentuk pada umumnya memang seperti itu. Penggunaan shampoo mobil juga telah meluas, terutama pada sarana-sarana publik,maupun tempat- tempat pencucian mobil ataupun motor. Jika diterapkan pada suatu permukaan, air yang mengandung shampoo mobil secara efektif mengikat partikel dalam suspensi mudah dibawa oleh air bersih, sehingga semua kotoran, minyak, maupun olie dapat terangkat.
Kebutuhan masyarakat akan shampoo mobil sebagai bahan pembersih dari kotoran yang melekat pada mobil maupun kendaraan lainnya. Oleh sebab itu maka kami pun membuat sebuah produk shampoo yang khusus digunakan untuk membersihkan mobil. Produk ini terbuat dari bahan – bahan yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Busa yang dihasilkan pun berlimpah sehingga dapat membersihkan dengan sempurna dan beraroma wangi jeruk nipis yang menyegarkan.
Tujuan :
Praktikum ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengajarkan kepada mahasiswa tentang bagaimana cara serta bahan – bahan apa saja yang akan dipergunakan dalam produksi membuat shampoo mobil ( wet look ).




   II.            DASAR TEORI
Produk
Produk di pasaran :
Banyak sekali produk sabun cuci piring cair dipasaran contohnya seperti KIT SHAMPOO MOBIL. Produk  tersebut adalah produk yang sangat disenangi oleh masyarakat dan laku keras penjualannya. Tingginya penjualan tersebut dikarenakan selain harganya yang terjangkau, juga dikarenakan hasilnya dalam membersihkan kotoran- kotoran yang menempel pada mobil. Selain itu bahan pendukung seperti busa yang melimpah dan bau parfum yang dipakai.
Produk ini dibuat untuk memenuhi animo masyarakat yang tinggi terhadap shampoo mobil karena dapat membersihkan mobil dari kotoran hingga tuntas. Selain itu pembuatan produk ini juga dapat dipergunakan sebagai lapangan usaha kecil (home industy) dengan modal yang kecil tetapi menghasilkan laba yang besar sebab bahan-bahan yang dipergunakan mudah di dapat di toko bahan kimia dan harganya terjangkau serta ramah lingkungan. Selain itu cara membuat shampoo mobil ini pun tidak terlalu rumit sehingga dapat dibuat oleh siapapun.











 III.            METODELOGI
Bahan:
1.      Formulasi :
1.      ABS                                                  : 50,007 gr
2.      Coustic Soda                                    : 5.5000 gr
3.      Sodium Sulphate                              : 60,006 gr
4.      Cottoclarin BM                                 : 120.070 gr
5.      Dewisil Liquid                                  : 1 ml
6.      Enzim AR                                         : 2,080 gr
7.      TX-100                                             : 30 ml
8.      Dimethicone 350 cps                        : 3 ml
9.      Silbion                                               : 3 ml
10.  Trilon                                                : 0.510 gr
11.  Sodium Chloride                              : 5,020 gr
12.  Aquadest                                          : 890 ml
13.  Parfum                                              : secukupnya
14.  Pewarna                                            : secukupnya

2.      Penjelasan dan Fungsi Bahan :
1.        ABS                                              : Alkyl Benzene Sulphonat ( ABS ) berbentuk cairan kental bewarna coklat, yang berfungsi sebagai pembersih sabun.
2.        Coustic Soda                                 : Coustic Soda ( NaOH ) berbentuk bongkahan kristal, yang berfungsi sebagai penetral Alkyl Benzene Sulphonat ( ABS ).
3.        Sodium Sulfat (Na2SO4)               : Sodium Sulphate ( Na2SO4 ) berbentuk serbuk putih, tidak berbau, dan merapuh di udara kering dengan kelarutan 2,5 bagian air serta tidak larut dalam etanol 95 % yang berfungsi membantu dalam kelarutan cottoclarin BM sekaligus sebagai pengental dan mempercepat pengangkatan kotoran (pembersih).
4.        Cottoclarin BM                             : Sodium Lauryl Ether Sulfate berbentuk kental transparan dengan konsentrasi 70 % yang berfungsi sebagai surfactan (pengurang tegangan permukaan air) dan berfungsi sebagai sabun, karena menghasilkan busa yang banyak serta daya bersihnya bagus.
5.        Dewisil Liquid                              : Dewisil Liquid berbentuk cairan kental transparan yang berfungsi sebagai penghilang olie dan dapat menjadi sebagai pengawet pula.
6.        Enzim AR                                     : Enzim AR berbentuk serbuk putih yang berfungsi sebagai penghalau debu.
7.        TX-100                                          : TX-100 berfungsi pengkilap yang juga sebagai penghasil busa,selain itu juga berfungsi sebagai pengesat/ mengesatkan.
8.        Dimethicone 350 cps                     : Dimethicone merupakan cairan kental yang berfungsi sebagai pengkilap permukaan cat.
9.        Silbion                                           : Silbion berbentuk cairan kental yang berfungsi sebagai pengkilap permukaan cat.
10.    Trilon                                             : Trilon berbentuk serbuk putih, yang berfungsi sebagai pengendap dan peklarut logam- logam dalam air.
11.    Sodium Chloride (NaCl)               : Sodium Chloride ( NaCl ) berbentuk serbuk putih,tidak berbau, rasa asin, denan kelarutan 2,8 bagian air, 2,7 bagian air mendidih, ± 10 bagian gliserol serta sukar larut dalam etanol. Berfungsi membantu dalam kelarutan cottoclarin BM dan pengental.
12.    Aquadest                                       : Aquadest berbentuk cairan tak berwarna yang berfungsi sebagai pengencer.
13.    Parfum                                           : Parfum berbentuk cair berwarna oranye beraroma jeruk nipis yang berfungsi sebagai pengharum.
14.    Pewarna                                         : Pewarna berbentuk cair berwarna biru yang berfungsi sebagai pewarna produk.

Alat:
1.        Pipet
2.        Botol Semprot
3.        Cawan Gelas
4.        Gelas Arloji
5.        Gelas Ukur
6.        Baskom
7.        Solet Plastik
8.        Sendok Nasi Plastik
9.        Gelas Kimia
10.    Botol Air Mineral
11.    Spatula
12.    Botol Timbang

Cara Pembuatan :
1.         NaOH dilarutkan dalam air ( 100 ml ) dan diaduk hingga larut.
2.         Larutan NaOH ditambahkan kedalam ABS dan diaduk hingga homogen.
3.         Campuran ditambahkan dengan Cottoclarin BM dan diaduk kembali sampai homogen.
4.         Di tempat terpisah, NaCl dilarutkan dengan air 100 ml. Lalu tuangkan larutan NaCl tersebut kedalam campuran No.3 tadi, aduk terus hingga homogen.
5.         Di tempat terpisah larutkan Enzim AR dengan Trilon dan Sodium Sulphate ke dalam air yang tersisa.
6.         Tuangkan campuran No.5 kedalam campuran No.4, dan aduk hingga larut semua.
7.         Kemudian tambahkan Dimethicon dan diaduk, lalu tambahkan Silbion dan diaduk, setelah itu tambahkan Dewisil Liquid smabil diaduk.
8.         Tambahkan parfum dan pewarna secukupnya, aduk lagi hingga homogen.


IV.    HASIL DAN DISKUSI
1.         Hasil Produk :
a.         Fisik         : sabun berbentuk cair berwarna biru dengan bau parfum khas jeruk nipis dengan total hasil produksi 1.025 ml
b.        Kwalitas : pada percobaan kami seluruh kotoran pada kendaraan yang dicuci semuanya terangkat hingga bersih dan hasilnya pun jadi lebih mengkilap dari pada sebelum dicuci, serta busa yang dihasilkan pun banyak dan terdapat aroma khas jeruk.
2.         Diskusi :
Dari hasil praktikum di dapatkan cairan kental berwarna biru. Serta busa yang dihasilkan juga cukup banyak dengan bau jeruk yang menyegarkan. Sehingga kotoran yang ada pada kendaraan dapat bersih setelah pencucian.

V.      KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan:
Shampoo mobil ini dapat membersihkan mobil maupun kendaraan yang lainnya serta dapat menghasilkan busa yang lebih dan berbau harum menyegarkan, sehingga sabun ini dapat bekerja secara maksimal dalam membersihkan kotoran sebagai fungsi utamanya, serta dengan menguasainya pembuatan produk tersebut, itu dapat digunakan sebagai modal kita untuk memulai berwirausaha.

Saran:
Dalam pembuatan Shampoo mobil ini sebaiknya kita harus benar- benar memperhatikan jumlah pengambilan bahan kita,dan jangan sampai terlalu berlebih ataupun kurang karena nanti akan mempengaruhi hasil akhir produk, mulai dari kekentalan maupun jumlah busa yang dihasilkan.

Komentar

  1. ini resep untuk brapa liter gan... ini hasil busa melimpah ya dan busa gak encer ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES BASAH DAN KERING PADA SEMEN