Reaksi Anion


Pada hakekatnya, proses-proses skema klasifikasi yang dipakai dapat dibagi ke dalam :
            KELAS A
  1. Gas dilepaskan dengan asam kloriada encer atau asam sulfat encer : Karbonat, hidrogen karbonat (bikarbonat), sulfit, tiosulfat, sulfida, nitrit, hipoklorit, sianida, dan sianat.
  2. Gas atau uap asam dilepaskan dengan sulfat pekat ini meliputi zat-zat dari (i) plus zat yang berikut : fluorida, heksafluorosilikat, klorida, bromida, iodida, nitrat, klorat, perklorat, permanganat, bromat, borat, heksasionoferat (II), heksasianoferat (III), tiosianat, format, asetat, oksalat, tartrat, dan sitrat.
KELAS B
        i.            Reaksi pengendapan sulfat, peroksodisulfat, fosfat, fosfit, hipofosfit, arsenat, arsenit, kromat, dikromat, silikat, heksafluorosilikat, salisilat, benzoat, dan suksinat.
      ii.            Oksidasi dan reduksi dalam larutan manganat, permanganat, kromat, dan dikromat.
Reaksi-reaksi dari semua anion ini akan kita pelajari secara sistematis pada halaman-halaman yang berikut. Untuk memudahkan, reaksi dari asam-asam organic tertentu, dikelompokkan bersama-sama ini meliputi: asetat, format, okasalat, tatrat, sitrat, salisilat, benzoat, dan suksinat. Perlu ditunjukkan disini bahwa asetat, format, salisilat, benzoat, dan suksinat sendiri membentuk suatu golongan yang lain lagi, semuanya memberi pewarnaan atau endapan yang khas setelah ditambahkan larutan besi (III) klorida kepada suatu larutan yang praktis netral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES BASAH DAN KERING PADA SEMEN